Internetan Puas Saat Libur Panjang? Ini 5 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Di Smartphone Android Yang Wajib Kamu Coba

  RN7      

5 Tips Internetan Puas Semua Operator Tanpa Khawatir Boros Kuota Yang Belum Banyak Orang Tahu 

Memasuki libur panjang akhir tahun seperti saat ini, tentunya akan banyak sekali schedule yang telah kamu persiapkan untuk menikmati momen-momen pergantian tahun ya gaez. Dan pastinya juga akan ada saja momen seru dan indah yang membuat kita ingin segera membagikannya di media sosial baik itu berupa video ataupun foto.

Tips Hemat Kuota Internet Di Smartphone Android

Akan tetapi, bagaimana bila ternyata sisa kuota internet yang kita punyai tidak mendukung proses upload meng-upload momen-momen kamu alias kuota internet sekarat? Tenang gaez, berikut ini ada 5 tips internetan puas semua operator baik itu Telkomsel, Indosat Ooredoo, atau juga XL, tanpa kamu harus khawatir kuota internet menjadi cepat habis yang wajib kamu cobain di smartphone kamu. Yuk, langsung saja kita simak.

1. Facebook Dan Twitter Lite
Untuk bisa menikmati internetan puas yang tidak boros kuota saat kita mengunakan sosial media, sebaiknya kita manfaatkan versi lite yang ada pada sosial media seperti facebook dan twitter. Yapz gaez, saat ini media sosil Twitter telah meluncuran versi Lite untuk platform mereka, menyusul kesuksesan facebook yang telah lebih dulu menghadirkan versi tersebut.

Aplikasi Chating Dan Sosial Media  Android Hemat Data
Facebook Lite
Nah, keuntungan menggunakan versi lite ini bila dibandingkan menggunakan versi aplikasi ataupun langsung melalui browser ialah akses yang lebih cepat dan hemat data tentunya sebab perancangan aplikasi tersebut dibuat dengan teknologi Progressive Web App yang dapat menghemat data hingga 70 persen, pemuatan konten yang lebih cepat 30 persen, serta navigasi yang lebih kencang.

2. Gunakan YouTube Go
Dalam laporan Mobility Report edisi November 2017 yang dirilis Ericsson beberapa waktu lalu, konsumsi terhadap video seperti YouTube hingga aplikasi video on-demand adalah penyumbang terbesar dalam penggunaan data seluler yang bahkan angkanya mencapai 55%.

Mengetahui itu gaez, Google sebagai raksasa internet yang memayungi Layanan Youtube tersebut memberi solusi untuk bisa tetap menikmati youtube tanpa penggunaan data yang begitu boros dengan menghadirkan aplikasi Youtube Go.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pengguna akan secara transparan dapat mengontrol jumlah data yang dihabiskan untuk menonton video sebab aplikasi ini menediakan opsi bagi pengguna untuk memilih ukuran file video basic quality atau standard quality dengan ukuran file video yang berbeda sebelum menonton atau menyimpannya secara offline untuk ditonton kapan saja. Akan ada pilihan video .

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini ialah, kita tetap dapat menonton video meski dalam kondisi koneksi internet lemah. Selain itu, pengguna aplikasi YouTube Go juga bisa lebih dulu melihat preview video, sehingga tidak membuang-buang kuota saat menonton video yang ternyata kontennya tidak sesuai seperti pada judul video yang tertera.

3. Aplikasi Datally
Di penghujung November lalu, Google telah merilis aplikasi Android untuk menghemat penggunaan kuota internet bernama Datally. Ada empat fitur utama di Datally. Pertama adalah fitur Penghemat Kuota yang memungkinkan penggunanya mengontrol kuota yang digunakan oleh setiap aplikasi, sehingga kuota bisa dimaksimalkan pada aplikasi yang disukai.


Selanjutnya ada Balon Penghemat Kuota. Setelah fitur Penghemat Kuota diaktifkan, balon Penghemat Kuota di Datally akan muncul dan menampilkan jumlah penggunaan kuota terhadap sebuah aplikasi, sehingga pengguna bisa memilih untuk memblokir penggunaan kuota pada aplikasi tersebut bila penggunaan kuota mulai terlihat tidak terkendali.

Ketiga adalah fitur Kelola Data. Akan ada notifikasi apabila terdapat sebuah aplikasi yang menggunakan kuota dengan jumlah yang besar. Dan terakhir, fitur Temukan Wi-Fi yang dapat membantu menemukan jaringan Wi-Fi di lokasi sekitar pengguna.

4. Aktifkan Fitur Data Saver
Untuk menikmati internet puas, kamu bisa menerapkan pengaturan fitur data saver di smartphone kamu gaez, caranya sangat mudah kok, dari menu Settings > Data Saver > On. Untuk berselancar di dunia maya, disarankan kamu menggunakan browser Google Chrome untuk menghemat penggunaan kuota internet.

Pada beberapa aplikasi media sosial, fitur untuk menghemat penggunaan data juga sudah tersedia. Misalnya saja Instagram, caranya, buka Setting pada aplikasi Instagram (buka profil kemudian tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas Home). Di bawah opsi Setting, pilih opsi Cellular Data Use Option, kemudian pilih opsi Use Less Data untuk membuat kuota internet yang digunakan tidak terlalu banyak.

5. Batasi Update Aplikasi
Aplikasi yang terinstal di ponsel biasanya akan meng-update secara otomatis apabila ada pembaruan, dan proses ini pastinya akan memakan kuota yang besar. Untuk itu, sangat disarankan untuk kamu mengaktifkan pilihan Auto-update apps over Wi-fi Only di dalam pengaturan akun playstore kamu. Caranya, masuk ke Play Store, kemudian pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over Wi-Fi Only.

Nah gaez, 5 Tips diatas dijamin akan lebih menghemat penggunaan data dan kuota internet di smartphone kamu sehingga liburan kamupun akan bertambah seru lagi sebab tidak takut lagi mati gaya karena kuota internet yang sekarat. Silahkan dicoba gaez, dan selamat bereksperimen.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Internetan Puas Saat Libur Panjang? Ini 5 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Di Smartphone Android Yang Wajib Kamu Coba Jangan Lupa Tinggalkan Komentar

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment