Perbedaan Internet Banking, Mobile Banking Dan Sms Banking Sebagai Layanan Transaksi Online

  RN7      

Gencarnya pembangunan teknologi jaringan komunikasi nirkabel hingga ke pelosok tanah air saat ini, memaksa kita untuk merubah cara dalam bertransaksi perbankan, baik itu sekedar mengecek saldo maupun berbagai bentuk pembayaran menuju sistem online.

Cara Menggunakan Layanan Transaksi Online I-Banking, M-Banking, Dan Sms Banking
Beda I-Banking, M-Banking Dan SMS Banking
Yapz gaez, apalagi kalau bukan kehadiran internet banking, mobile banking, dan SMS banking yang mana ketiganya merupakan bagian dari electronic banking yang dapat kita gunakan untuk mempermudah segala bentuk transaksi perbankan hanya melalui telepon seluler.

Nah, ketiga layanan ini sepintas terlihat serupa ya gaez dilihat dari fungsinya sebagai bentuk layanan transaksi. Lantas apakah yang menjadi perbedaan internet banking dan mobile banking dan juga sms banking tersebut? Untuk lebih jelasnya, Kwartet 7 telah menyiapkan ulasan perbedaan ketiga layanan tersebut baik dari segi fitur atau juga sisi keamanan dan kenyamanan penggunanya, yuk kita simak.

SMS banking
Meskipun memiliki fitur yang terbatas, SMS banking sangat memudahkan pengguna dalam bertransaksi perbankan cukup melalui layanan SMS. Penggunaanya cukup praktis dan sangat baik digunakan sebagai alternatif transaksi tanpa terkoneksi dengan jaringan internet.

Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:
• Transfer dana dan pembayaran.
• Informasi saldo dan mutasi rekening.
• Informasi kartu kredit.

Cara transaksi lewat SMS banking, kamu tinggal memasukkan perintah dan kode akses ke nomor operator SMS banking yang bersangkutan, dan ini dikenai tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan.

Mobile Banking
Seperti halnya SMS banking, Mobile Banking atau m-banking adalah layanan yang digunakan untuk bertransaksi dengan mudah melalui perangkat ponsel pintar dengan menginstal aplikasinya terlebih dahulu di perangkat smartphone kamu dan mengaitkannya dengan nomor ponsel yang kamu gunakan. Untuk keamanan sistemnya, menerapkan sistem OTP (one-time password) yang dikirim via SMS ke ponsel yang bersangkutan.

Aplikasi M-Banking BRI Mobile
Aplikasi Mobile Banking
Beberapa transaksi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi m-banking, yaitu.
• Pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan.
• Pembelian voucher dan e-commerce.
• Transfer antar rekening dan antarbank.
• Informasi rekening dan kurs.

Internet Banking
Internet banking atau yang biasa dikenal dengan sebutan i-banking ini merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh perbankan untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Melihat fungsinya sebagai, layananan ini lebih fleksibel dan kaya akan fitur, dan bahkan mengungguli fitur-fitur yang terdapat pada ATM.

Dari segi kenyamanan, pengguna bisa mengakses layanan ini kapan saja dan dari mana saja, entah itu melalui PC, laptop, tablet, ataupun juga ponsel selagi pengguna bisa terhubung ke jaringan internet. Untuk fitur keamanannya sendiri menggunakan sistem pengamanan berlapis. Pengguna cukup memasukkan user ID dan password saat hendak melakukan transaksi non-finansial seperti mengecek saldo dan mutasi rekening.

Sementara untuk bentuk transaksi finansial seperti transfer dana dan pembayaran, pengguna wajib  menggunakan token otentikasi transaksi yang hanya didapat dari bank yang bersangkutan.

Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya, antara lain:
• Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat informasi kurs di sini.
• Transfer dana, baik antar rekening bank yang bersangkutan maupun antar bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal.
• Pembayaran, baik itu pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.
Namun, mengingat penjahat cyber selalu berkeliaran dimana-mana, meskipun layanan ini dirasa cukup aman, bukan berarti sistem pengaman yang tersedia tanpa celah yah gaez. Jadi tetap pastikan perangkat yang kamu gunakan bebas virus dan hindari menggunakan koneksi internet terbuka seperti WIFI publik.

Nah gaez, itulah perbedaan masing-masing fitur layanan perbankan yang bisa kita manfaatkan dengan sangat mudah dalam bertransaksi online. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya gaez, semoga bermanfaat.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Perbedaan Internet Banking, Mobile Banking Dan Sms Banking Sebagai Layanan Transaksi Online Jangan Lupa Tinggalkan Komentar

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment