Tips Bertransaksi Mobile Banking Dengan Aman Di Smartphone Yang Wajib Kamu Ketahui

  RN7      

Mobil Banking Untuk Bertransaksi, Dilema Antara Keamanan Dan Kebutuhan 

Pada masa ini, kebutuhan akan sesuatu hal yang mobile telah meningkat tajam seiring perkembangan teknologi digital. Hal ini pulalah yang membuat para perusahaan dari berbagai sektor untuk menjadikan segala terkoneksi secara dan terakses secara mobile.

Cara Aman Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking
Cara Aman Transaksi Menggunakan M-Banking Internet Banking Di Smartphone
Dan inovasi tersebut tak luput pula pada sektor perbankan yang saat ini menghadirkan layanan internet banking dan mobile banking-nya pada perangkat smartphone untuk mempermudah transaksi secara online.

Yapz, layanan mobile banking dilihat dari segi kemanfaatannya memanglah terlihat menguntungkan dalam mempermudah segala transaksi perbankan. Namun, minimnya informasi akan sisi negatif dan bahaya peretasan dari virus ataupun hacker yang rentan pada layanan internet banking tersebut, banyak sebagian kita yang tak terlalu memperhatikan segi keamanan dari proses layanan tersebut.

Banyak risiko yang bisa mengancam ketika kita menggunakan mobile banking, meskipun pada dasarnya pihak penyedia layanan mobile banking ini memang menjamin keamanan penggunanya saat bertransaksi. Namun begitu, serangan hacker yang bertujuan untuk mencuri data akun si pengguna melalui virus masih sangat terbuka lebar memanfaatkan kesalahan si pengguna layanan berbasis online tersebut.

Nah gaez, untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin saja sewaktu-waktu bisa kamu alami saat ingin bertransaksi melalui layanan internet banking ini, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu 5 hal yang sebaiknya kamu hindari ketika bertransaksi menggunakan mobile banking, entah itu transfer uang atau hanya sekedar cek mutasi. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

1. Download Aplikasi Langsung dari Situs Resmi Bank Kamu
Untuk menggunakan aplikasi mobile banking di smartphone kamu, pastikan kamu mengunduh aplikasi tersebut melalui situs resmi dari bank yang bersangkutan. Banyak sekali aplikasi mobile banking palsu yang beredar dan dapat dengan mudah kamu download. Kesalahan mendonwload aplikasi sekali saja akan berakibat fatal gaez, sebab data-data akun perbankan kamu selamanya akan berpindah tangan dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

2. Selalu Pastikan Koneksi Internet Stabil 

Koneksi Internet Yang Stabil
Koneksi Internet yang buruk sangat mampu menghadirkan celah bagi para peretas untuk menyusup dan mengambil alih segala transaksi mobile banking kamu. Pastikan kamu selalu menggunakan koneksi yang stabil saat melakukan transaksi melalui mobile banking.

3. Waspadai Virus Dan Rutin Update Keamanan Gadget
Kecanggihan smartphone dengan segala pembaruan fitur keamanannya, juga membuat para peretas mempercanggih pula kemampuan menyusupnya pada perangkat smartphone. Virus yang telah menyusupi pada smartphone dipastikan mampu mengambil data-data termasuk data perbankan kamu yang ada di aplikasi mobile banking. Berhati-hatilah dan rutinlah untuk mengupdate keamanan ponsel pintar kamu. Periksa selalu notifikasi update aplikasi ataupun sistem Android pada smartphone kamu.

4. Hindari Penggunaan WiFi Publik 

Hindari Penggunaan WiFi Publik Di Tempat Umum
Jangan sekalipun kamu menggunakan WiFi publik gratisan yang ada di tempat-tempat umum ketika ingin menggunakan atau aplikasi mobile banking. Itu adalah hal yang sangat berbahaya, sebab jaringan WiFi tersebut tidak menggunakan sistem keamanan. Jenis WiFi seperti inilah yang umumnya digunakan para hacker untuk menyusup dan menggerogoti data-data dari perangkat yang terkoneksi ke jaringan WiFi tersebut.

Nah, demikianlah tadi gaez, 4 hal yang wajib kamu perhatikan saat ingin bertransaksi menggunakan mobile banking atau internet banking. Tips di atas pastinya bisa mengurangi resiko kemungkinan kesalahan pengguna menggunakan mobile banking di smartphone kamu. Semoga bermanfaat.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Tips Bertransaksi Mobile Banking Dengan Aman Di Smartphone Yang Wajib Kamu Ketahui Jangan Lupa Tinggalkan Komentar

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment